Apakah TUHAN Bisa Dilihat Manusia?

Apakah TUHAN bisa dilihat manusia? Tidak bisa. Bukankah para nabi seperti Musa pernah melihat TUHAN? Yang dilihat oleh Musa adalah Theofani alias penampakan TUHAN. Kita lihat apa yang TUHAN katakan ketika Musa meminta TUHAN untuk memperlihatkan kemuliaan-Nya.

Exo 33:20 Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."
Injil Yohanes menyatakan bahwa tidak seorangpun yang pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Siapa itu Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa? Dialah Yesus, Sang Firman yang bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Bukankah Yesus yang adalah Sang Firman dapat dilihat oleh orang-orang Yahudi? Iya. Yang terlihat oleh mereka adalah fisik Yesus sebagai manusia. Karenanya dengan melihat Yesus, maka secara tidak langsung kita melihat Bapa. Hal ini sesuai dengan yang Ia katakan kepada Filipus.

Joh 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Jadi kita tidak bisa melihat TUHAN secara langsung, karena TUHAN adalah Roh tetapi kita dapat melihat Yesus yang telah menyatakan rupa Allah kepada kita.

Referensi artikel untuk belajar ajaran tentang Tuhan Allah: Apakah Tuhan Bisa Dilihat Manusia?

No comments:

Post a Comment