Yesus Ada Sebelum Abraham

Saya tidak berani bilang orang salah jika ia mengatakan Yesus itu bukan Tuhan, karena orang-orang Yahudi yang hidup pada jaman Yesus saja mengatakan bahwa Yesus orang Samaria dan kerasukan setan (Yohanes 8:48). Tetapi Yesus menyatakan bahwa Ia sudah ada sebelum Abraham. Mari kita lihat ayat-ayat dari Injil Yohanes berikut ini:

Joh 8:57 Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"

Joh 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."

Orang Yahudi bilang umur Yesus belum 50 tahun, bagaimana bisa Ia telah melihat Abraham?

Orang Yahudi memang tidak salah bahwa umur Yesus belum 50 tahun, karena umur Yesus saat itu adalah 30-an tahun. Tetapi yang belum 50 tahun itu adalah fisik Yesus sebagai manusia Anak Bunda Maria yang adalah manusia, bagaimana umur Yesus sebagai Firman Allah yang adalah Allah? Tentunya lebih dari 50 tahun, karena sebagai Firman Allah, Yesus adalah Kekal.

Demikianlah, kita janganlah memandang Yesus seperti orang Yahudi memandangNya, tetapi kita harus memandang Yesus sebagai Firman Allah, supaya kita dapat memahami pernyataan tentang Yesus ada sebelum Abraham.

Referensi artikel Kristologi yang berhubungan dengan ajaran tentang Tuhan Allah: YESUS ADA SEBELUM ABRAHAM.